Reliable Suppliers - Contact Now! Search, Browse or Post Buying Leads

Selasa, 12 Juli 2011

Tahapan Pelaksanaan Bangunan sipil

Agar dalam tahapan pelaksanaan bangunan sipil dapat berjalan lancar dan hasilnya dapat memberikan manfaat yang seoptimal mungkin maka salah satu tahapan kegiatan yang dilakukan adalah tahapan perencanaan teknis. Perencanaan teknis suatu bangunan air mengharuskan untuk ditinjau dari aspek hidrolis. Perencanaan dari aspek hidrolis dimaksudkan agar bangunan air mampu mengalirkan debit tertentu dengan aman tanpa menimbulkan bangunan air yang bersangkutan.
Salah satu data yang diperlukan dalam perencanaan bangunan air dari aspek hidrolis adalah data curah hujan. Data tersebut kemudian digunakan dalam perhitungan curah hujan rencana dan debit rencana. Besar-kecilnya nilai debit rencana akan menentukan besar-kecilnya suatu bangunan air.
Dimensi hidrolis suatu bangunan air yang lebih besar akan lebih aman dalam mengalirkan debit tertentu, namun dimensi yang lebih besar berpengaruh atau berdampak pada biaya yang mahal. Sebaliknya dimensi hidrolis yang kecil akan kurang aman dalam mengalirkan debit tertentu. Oleh karena itu, perhitungan debit rencana menjadi bagian yang sangat penting dalam tahapan perencanaan teknis. Metode perhitungan debit rencana pun cukup beragam untuk menentukan banjir rencana tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar