Reliable Suppliers - Contact Now! Search, Browse or Post Buying Leads

Jumat, 15 Juli 2011

Rumah Otomatis (Home Automation)

semuanya terkendali dalam satu


HOME automation adalah sistem pengaturan otomatis perangkat rumah tangga sehingga membuat kehidupan sehari-hari Anda menjadi lebih nyaman dan sederhana. Salah satu perangkat home automation yang ada di Indonesia adalah Berker Instabus EIB.
Menurut Ridwan Wanandi, ST, Project Manager PT Dharmawan Internusa, agen tunggal Berker Instabus di Indonesia, sistem Berker Instabus (BI) adalah system pintar yang menghubungkan perangkat listrik melalui kawat kontrol. Dengan sistem ini, beberapa perangkat di rumah seperti lampu, perangkat elektronik, dan tirai jendela, dapat dikontrol secara bersamaan hanya melalui kendaii tunggal.
Sistem ini juga dikenal dengan sistem rumah pintar. Tidak sekadar mengatur tombol on/off, sistem ini bisa bekerja untuk mengatur kapan peranti di rumah akan menyala dan kapan peranti tersebut akan mati. Bahkan dengan sebuah sensor, sistem ini dapat mendeteksi cuaca sehingga dapat mengatur buka tutup tirai jendela dengan sendirinya begitu cuacanya mendung.
Sistem BI diatur melalui sebuah panel berlayar sentuh. Semua skenario pengaturan lampu,peranti elektronik, atau tirai jendela dapat disetel secara individual dengan menyentuh tombol dilayar. Panel layar sentuh ini umumnya dipasang diruangan yang mudah dijangkau seperti ruang keluarga.
Kelebihan sistem ini, panel layar sentuh yang mengendalikan segala perangkat hanya membutuhkan listrik DC berdaya 22-24 watt. Dengan demikian, Anda tidak perlu takut jika panel mengalami hubungan arus pendek. Dari panel ini, komando sistem akan terhubung dengan otak dari sistem BI yang terdapat pada bagian panel komputer. Panel inilah yang mengendalikan semua panel system sehingga bisa bekerja.
Panel komputer ini biasanya diletakkan berjauhan dari panel layar sentuh seperti di garasi. Dengan demikian, jika pada panel komputer terjadi kerusakan atau ada penambahan panel untuk mengatur ruang yang lain, teknisi tidak perlu harus masuk ke dalam rumah.
Dari sisi harga, sistem ini tidaklah murah. Harganya sekitar Rp. 50 juta untuk pengaturan 3 ruangan. Harga ini sudah termasuk perangkat power suply yang mengubah listrik AC menjadi DC

1 komentar:

  1. Hai Saya meita, marketing dari perusahaan PT Digital Screen International (Control 4) yang menyediakan jasa automation system (smart home) ini, baik untuk di rumah maupun di office. Untuk mengetahui lebih lanjut dapat menghubungi saya di 081295277634.
    Thanks

    BalasHapus