Reliable Suppliers - Contact Now! Search, Browse or Post Buying Leads

Kamis, 14 Juli 2011

Aspal

Aspal dapat didefinisikan sebagai material berwarna hitam atau coklat tua, pada temperatur ruang berbentuk padat sampai agak padat. Jika di panaskan sampai suatu temperatur tertentu aspal dapat menjadi lunak/ cair sehingga dapat membungkus partikel agregat pada waktu pembuatan aspal beton atau dapat masuk kedalam pori-pori yang ada pada penyemprotan/ penyiraman pada perkerasan macadam ataupun pelaburan. Jika temperatur mulai turun, aspal akan mengeras dan mengikat agregat pada tempatnya (sifat termoplastis).Sebagai salah satu material konstruksi perkerasan lentur, aspal merupakan salah satu komponen kecil, umummya hanya 4-10% berdasrkan berat atau 10-15% berdasrkan volume,tetapi merupakan komponen yang relative mahal.
Hydrocarbon adalah bahan dasar utama dari aspal yang umum di sebut bitumen,sehingga aspal sering juga di sebut bitumen. Aspal yang umum di gunakan saat ini terutama berasal dari salah satu hasil proses destilasi minyak bumi dan disamping itu mulai banyak pula dipergunakan aspal alam yang berasal dari pulau buton.
Aspal minyak yang digunakan untuk konstruksi perkerasan jaln merupakan proses hasil residu dari destilasi minyak bumi,sering disebut sebagai aspal semen. aspal semen bersifat mengikat agregat pada campuran aspal beton dan memberikan lapisan kedap air, serta tahan terhadap pengaru asam,basa,garam. ini bearti jika di buatkan lapisan dengan menggunakan aspal sebagai perekat dengan mutu yang baik dapat memberikan lapisan kedap air dan tahan terhadap pengaruh cuaca dan reaksi kimia yang lain.


Sifat aspal akan berubah akibat panas dan umur, aspal akan menjadi kaku dan rapuh dan akhirnya daya adhesinya terhadap partikel agregat akan berkurang.
Jenis-Jenis Aspal
Berdasarkan cara diperolehnya aspal dapat dibedakan atas :
1. Aspal Alam.
Aspal alam merupakan aspal batuan atau rock asphalt yang terbentuk dari proses alam. Di Indonesia Aspal alam ini terdapat di Pulau Buton yang dikenal dengan Aspal Buton (Asbuton) atau Buton Aspalt (Butas). Penambangan aspal ini dilakukan dengan cara terbuka (Open mining:
2. Aspal Minyak.
Aspal minyak yaitu aspal yang dibuat/diperoleh dari residu penghilangan minyak bumi, berwarna hitam terdiri dari hidrokarbon solit (asphaltenes) dan medium liquit ( maltene). Sifat aspal yang diperoleh dari residu penghilangan minyak bumi tergantung pada sifat alam crude oil, karena aspal merupakan fraksi berat yang tidak bisa diuapkan atau didestilasi.
Aspal minyak merupakan bahan hasil tambangan dari penyulingan (destilasi) minyak bumi. Prosesnya dimulai dari minyak mentah yang dikeluarkan dari bumi, dipanasi pada suhu 150 ÂșC. Kemudian karena pendinginan bertingkat akan didapat beberapa jenis minyak sedang sisa endapannya (residu) diantaranya didapat aspal.

1 komentar: