Reliable Suppliers - Contact Now! Search, Browse or Post Buying Leads

Minggu, 10 Juli 2011

Daur Ulang Lapis Perkerasan Aspal

(mohon maaf sebelumnya…karena konten yang ada n dimuat tidak sistematis karena yang saya tulis muncul dengan seadanya…hehehe….)

1. Daur Ulang Aspal Campuran Panas
Adalah proses penggunaan kembali bahan perkerasan lama beraspal, bahan agregat perkerasan lama; ditambah atau dikombinasikan dengan campuran agregat dan aspal baru; dengan atau tanpa bahan aditif (tambahan).
Keuntungan dari proses daur ulang aspal campuran panas yaitu:
• Terjadinya peningkatan nilai struktur yang cukup berarti
• Terjadinya perbaikan atau koreksi lapis perkerasan dan pondasi lama yang kurang sempurna;
• Penyimpangan komposisi campuran terkoreksi
• Problem yang dihadapi lebih sedikit

Metode daur ulang aspal campuran panas ada 2 jenis yaitu daur ulang dengan pencampuran ditempat dan daur ulang dengan pencampuran secara terpusat.

Daur ulang dengan pencampuran di tempat biasanya hanya bisa dilakukan bilamana tingkat ketebalan daur ulang (pengupasan dan penggelaran kembali) yang dilakukan dan dibutuhkan tidak terlalu tebal (sekitar 2,5 cm).
Daur ulang dengan pencampuran secara terpusat biasanya diterapkan bilamana bahan yang didaur ulang dan digelar kembali dalam jumlah yang cukup banyak baik dalam ketebalan maupun volume. Sebelum pencampuran di AMP, bahan daur ulang pada umumnya dipecah terlebih dahulu baik di tempat atau di dekat AMP.

2. Daur ulang perkerasan aspal campuran dingin
Adalah proses daur ulang perkerasan beraspal, dimana proses pencampurannya dilakukan tanpa pemanasan baik ditempat maupun dicentral mix plant, kemudian digelar dan dipadatkan pada tempat yang telah dikupas.
Dalam pencampuran dilakukan ditempat (in-situ), pencampuran seringkali dilakukan oleh mesin pengupas dengan sedikit modifikasi berupa penambahan alat penampung (batching) dan penyemprot aspal didekat drum pengupas. Dibelakang drum hasil pengupasan hasil yang telah bercampur aspal serta digemburkan oleh alat penggembur akan masuk (ditangkap) oleh paver dan digelar dibelakangnya, lalu dipadatkan oleh alat pemadat roller atau compacter.
Keuntungannya, hasil rehabilitas akan dapat meningkatkan mutu dan kapasitas jalan yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar