Reliable Suppliers - Contact Now! Search, Browse or Post Buying Leads

Selasa, 12 Juli 2011

Pemilihan Tipe Spillway

Untuk memilih tipe spillway yang akan dipakai perlu pertimbangankan beberapa faktor sebagai berikut :
1. Keamanan terhadap stabilitas konstruksi
Merupakan faktor yang sangat penting agar tidak membahayakan penduduk yang tinggal disekitar hilir.
2. Tujuan pembangunan dan cara pengoperasiannya
Untuk menentukan tipe pintu air yang akan digunakan harus diadakan penelitian yang seksama guna menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.
3. Tipe bendungan
Kapasitas bangunan pelimpah pada bendungan urugan harus diambil lebih besar disbanding tipe beton karena resiko terhadap bahaya limbah juga lebih besar. Pada bendungan urugan sering digunakan tipe dengan saluran peluncur yang diletakan diatas tanah asli untuk mencegah timbulnya bahaya erosi. Apabila tempat tidak memungkinkan, maka dicari kemungkinan dengan bangunan pelimpah sisi.

4. Keadaan topografi setempat
Apabila lokasi bendugan sempit, maka tipe mornig glory lebih tepat karena tidak memerlukan tanah yang luas, hanya tipe ini tidak bias menampung debit yang besar. Apabila lokasi bendungan maka harus dipilh tipe lain, misalnya tipe sisi (side overflow chute spillway).
5. Keadaan geologi setempat
Apabila keadaan geologinya baik, maka dapat dipilh tipe jatuh bebas, sebaliknya apabila kurang baik, harus dipertimbangkan tipe lainnya.
6. Keadaan hidrologi setempat
Apabila debit diharapkan ternyata besar, maka tipe mornig glori, sipon, amabang pelimpah berbentuk U atau setengah lingkaran atau lebih dari satu lengkung harus dihindarkan karena berbahaya. Makin lengkap data hidrologinya makin kecil resiko kesalahan didalam memilih asumsi-asumsi sehingga perhitungan yang dilakukan makin mendekati kewajaran. Demikian pula akan lebih tepat didalam pemilihan periode ulang yang dipakai untuk perhitungan debit air.
7. Keadaan di sebelah hilir bendungan
Apabila di sebelah hilr bendungan terdapat daerah yang padat penghuninya atau terdapat bangunan yang sangat penting maka harus dipilih tipe yang keandalannya tinggi untuk mengurangi resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya digunakan pintu air yang harus dapat dibuka dengan beberapa cara dan dapat dibulatkan bangunan pelimpah darurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar